66 and Still Growing Up

Happy b’day Indonesia! Gila, nih negara makin tua aja. Udah 66 taun, friends! Klo manusia udah jadi opa” ato oma” kali ya? Tapi kenyataannya, Indonesia itu sampe sekarang masih belom dewasa. Gak percaya?

  • Tersangka kasus korupsi dipulangin dengan jet Rp. 4 miliar! Dengan uang segitu, kita bisa beli berapa rumah ya? Dan iya, orang itu tersangka korupsi yang udah pergi liburan ke mana-mana sebelum ditangkep. Oh please… orang jahat gak usah dimanjain, apalagi yang pake kabur dulu. A coward doesn’t deserve luxury.
  • Orang yang udah masuk penjara bisa nonton pertandingan tenis di Bali, pake wig. Dan dia udah menggelapkan uang yang kita bayar lewat pajak. Siapa yang salah, orang itu atau penjaga penjaranya?
  • Pejabat” yang harusnya perjuangin kepentingan rakyat malah mikirin parpolnya sendiri. Negara banyak masalah, mereka malah lebih sibuk nutupin konflik internal parpol. Seriously?
  • Sampe sekarang, masih banyak daerah yang tertinggal. Pembangunan gak merata, sekolah” di pinggiran masih banyak yang roboh, rehab daerah yang kena bencana sampe sekarang gak selesai”.
  • Birokrasi yang berbelit-belit banget. Friends, kenapa banyak orang Indonesia lebih milih ngasih uang ke polisi daripada ikut sidang kasus tilang? Soalnya, prosesnya itu berbelit-belit banget! Kayaknya semua yang berhubungan dengan status kita sebagai warga negara itu ngurusnya ribeeet banget. Bikin KTP, bikin SIM….
  • Karena banyak pejabat yang korupsi, banyak orang yang miskin. Karena banyak orang miskin, budaya jadinya berantakan. Orang Indonesia yang dulunya ramah”, sekarang banyak yang preman. Apalagi anak mudanya. Kalo menurut apa yang aku liat nih ya, orang” seumuran aku sekarang banyaaak banget yang hobi nongkrong” di jembatan, jongkok, megang rokok, clubbing, bolos, and so on. Dan sampe sekarang, aku masih gak bisa mikir, guna mereka ngelakuin itu semua itu apa. Bahkan anak kecil aja banyak yang ikutan jadi preman juga sekarang.
Sebenernya masih banyak lagi sih buktinya. Cuman kalo ditulis di sini, kayaknya nih blog terpaksa ditutup karena pencemaran nama baik. Indonesia yang sekarang udah tua gini, sebenernya masih growing up. Masih banyak banget yang mesti dipelajarin. Masih banyak yang mesti berubah. Tapi, perubahan itu harusnya udah mulai dari sekarang. Orang” udah capek nunggu, capek sama janji manis yang gak pernah diwujudin, capek sama kurangnya transparansi, capek sama plin-plannya pemerintah mengenai kebijakannya. Dan kalo emang udah gak ada yang bisa diharapin sama kita buat mulai perubahan itu, kenapa gak mulai dari kita? Gak usah yang ribet” lah, mulai dari sikap kita ke orang lain. Toleransi, kejujuran, rendah hati. Bukannya itu nilai” bangsa kita dari dulu ya? Kenapa mesti kita tinggalin sekarang?
So, jangan pernah bosen berjuang buat kemajuan negara. Jangan pernah bosen ngikutin berita. Emang sih, baca berita Indonesia kadang ngerusak mood, apalagi pas buka bagian “Politik dan Hukum”. Mancing emosi aja… Tapi ada pihak” tertentu yang berharap kita buta informasi, buta sama kebijakan pemerintah, dan jangan sampe kita menuhin harapan mereka.
Mau gimanapun, cinta buat Indonesia emang gak bakal selalu ada. Tapi Indonesia tetep rumah kita kan? Rumah kita yang mesti kita jaga. So, open your eyes and start fighting for a better Indonesia!
Advertisements

What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s